faktor yang secara umum dipertimbangkan dalam uji coba pasar
beberapa faktor yang secara umum dipertimbangkan dalam uji coba pasar yaitu sebagai berikut
1. Adanya hal – hal khusus pada saat peluncuran
Pertimbangan ini
meliputi : kapan mulai diluncurkan, barapa lama waktu promosi awal dan volume
penjualan. Apakah piagam tersebut juga mencantumkan batas pendanaan yang
diperbolehkan serta keuntungan – keuntungan yang diperkirakan di setiap tahapan
2. Informasi apa yang diperlukan
Pertama – tama kita
perlu memperhatikan situasi ketika sejumlah investasi yang cukup banyak telah
dikeluarkan namun kenyataannya tidak ada yang tahu pasti apa yang akan terjadi
ketika produk baru telah tersedia. Apakah pasar akan menerima produk, apakah pasar
akan menolak produk, atau apakah penjualan kita akan berada pada tingkat yang
stagnan ? berbagai kegiatan dilakukan untuk menghindari kerugian akibat
penolakan pasar. Kebutuhan konsumen, daya beli, tingkat ekonomi, pasar sasaran,
serta kualitas produk merupakan pertimbangan utama dalam hal ini.informasi
mengenai hal ini dapat diperoleh dari konsumen melalui survey konsumen agar
dapat ditentukan strategi- strategi peluncuran produk.
3. Biaya
Biaya – biaya dalam
uji coba pasar meliputi, 1. Biaya langsung uji coba, termasuk biaya penelitian
pasar 2. Biaya peluncuran produk itu sendiri 3. Kehilangan pendapatan (selama
masa uji coba belum ada penghasilan). Kadangkala biaya ujicoba sangat besar
sehingga perusahaan mempertimbangkan untuk tidak melakukan uji coba pasar.
4. Sifat alami pasar
Persaingan merupakan
situasi yang tidak dapat dihindari. Pesaing sering kali melakukan tindakan –
tindakan sangat cepat. Peluang yang dapat diambil adalah apabila kita mampu
menanamkan di benak konsumen sebagai produk pertama yang diingat konsumen.
Namun, kadangkala hal itu sangat sulit mengingat banyaknya pesaing – pesaing yang
menawarkan produk yang hampir sama sehingga konsumen memiliki berbagai pilihan.
Comments
Post a Comment