Alternatif Saluran Distribusi
Dalam memilih alternatif saluran, ada tiga elemen yang perlu diperhatikan yaitu jenis perantara, jumlah perantara dan persyaratan & tanggung jawab anggota saluran. Sejumlah komponen atau atau variabel yang merupakan bagian-bagian dari bauran distribusi adalah sebagai berikut :
a. Fasilitasb. Persediaan
c. Transportasi
d. Komunikasi
e. Penyatuan Barang
Alternatif Saluran Distribusi Saluran pemasaran dapat dibedakan menurut jumlah tingkatannya. Dalam menetapkan alternatif saluran pemasaran yang akan digunakan, perusahaan juga dapat mempertimbangkan jenis produknya. Untuk produk industrial, biasanya perusahaan menggunakan saluran langsung atau pendek. Saluran Untuk Produk Konsumen Saluran pemasaran untuk produk konsumen terdiri dari :
a. Saluran distribusi langsung (nol tingkat), yaitu saluran pemasaran dimana seorang produsen langsung menjual ke pemakai akhir. Cara yang dilakukan antara lain melalui penjualan dari pintu ke pintu, pemesanan lewat telepon, email atau online, penjualan lewat televisi, dan melalui toko-toko yang dimiliki produsen sendiri.
b. Saluran distribusi satu tingkat, yaitu hanya ada satu perantara pemasaran di antara produsen dan konsumen. Ada dua alternatif dalam saluran satu tingkat, yaitu:
1) produsen → pengecer → konsumen;
2) produsen → pedagang besar → konsumen
c. Saluran distribusi dua tingkat, yaitu ada dua perantara pemasaran di antara produsen dan konsumen. Jadi produsen menjual produknya ke pedagang besar, yang pada gilirannya menjuanya ke berbagai pengecer, sebelum sampai ke konsumen akhir. Ilustrasinya yaitu: produsen → pedagang besar → pengecer → konsumen. Saluran Untuk Produk Industrial Perusahaan barang industri dapat menggunakan tenaga penjualnnya untuk menjual langsung ke pelanggan industri. Perusahaan barang industri/ para pabrikan membeli bahan mentah dalam kuantitas besar, bahan baku yang diolah, dan perlengkapan secara langsung dari pabrikan lainnya..
Untuk menetapkan kebijakan harga yang masuk akal, perusahaan harus terlebih dahulu memiliki sistem pembiayaan yang akurat yang benar-benar mencerminkan situasi perusahaan.
Faktor yang berpengaruh terhadap harga :
- Permintaan
- Biaya
- Pesaing
- Profit perusahaan
- Sasaran pemasaran
- Hambatan peraturan
Comments
Post a Comment