Layanan Jasa Perbaikan

Layanan Jasa Perbaikan

Dalam perusahaan produk yang menyediakan layanan jasa perbaikan merupakan suatu bentuk penjaminan kualitas akan produk yang dibeli oleh pelanggan. Jelas layanan tersebut dilakukan supaya produk atau brand perusahaan tetap mendapatkan kepercayaan konsumen sebagai produk yang memiliki penjaminan kualitas dan bisa dianggap solusi yang mudah dan bisa dipertanggung jawabkan.

Penjaminan kualitas (quality assurance) adalah seluruh rencana dan tindakan sistematis yang penting untuk menyediakan kepercayaan yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan tertentu dari kualitas (Elliot, 1993).

Menurut Yorke (1997), tujuan penjaminan kualitas tersebut antara lain:

a. Membantu perbaikan dan peningkatan secara terus-menerus dan berkesinambungan melalui praktek yang terbaik dan mau mengadakan inovasi.

b. Memudahkan mendapatkan bantuan baik pinjaman uang atau fasilitas, atau bantuan lain dari lembaga yang kuat dan dapat dipercaya.

c. Menyediakan informasi pada masyarakat sesuai sasaran dan waktu secara konsisten, dan bila mungkin, membandingkan standar yang telah dicapai dengan standar pesaing.

d. Menjamin tidak akan adanya hal-hal yang tidak dikehendaki.

Standar penjaminan kualitas yang sudah banyak dikenal di berbagai negara, misalnya;

• ISO 9000,

• BS 5750,

• CAN3-Z299,

• AS 1821,

• ANSI/ ASME NQA-1

Peran penghargaan dalam penjaminan kualitas yaitu penghargaan dalam hal kualitas (quality awards) merupakan suatu alat di mana perusahaan mendapat pengakuan atas usaha-usaha mereka, diantaranya:

The Deming Prize

The Deming Prize disusun oleh Japanese Union of Scientists and Engineers pada tahun 1987 menempatkan tanggungjawab pada continuous improvement dari produk dan atau jasa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan memenangkan persaingan oleh manajemen.

The Baldrige Awards (MBNQA)

Malcolm Baldrige National Quality Awards merupakan suatu program penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang unggul dalam menerapkan manajemen kualitas terpadu.

The European Quality Award (EFQM)

Penghargaan ini diperkenalkan dalam The European Foundation for Quality Management tahun 1991 oleh Rank Xerox yang telah mampu mencapai 100% kepuasan pelanggan dan 100% kepuasan karyawan.




Comments

Popular posts from this blog

Konflik Saluran Distribusi

alasan diperlukannya analisis ekonomi pada proyek yang berskala besar bagi pemerintah dan pihak investor!

Saluran Dalam Distribusi