Langkah Penyusunan Misi yang Baik

  Langkah Penyusunan Misi

                    Langkah penyusunan misi suatu perusahaan diawali dengan

1.       Melakukan proses sumbang saran atau urun rembuk (Brainstorming) dengan menyejajarkan beberapa kata yang menggambarkan organisasi/perusahaan

2.       Penyusunan prioritas dan pemfokusan pada kata – kata yang paling penting

3.       Mengombinasikan kata – kata yang telah dipilih menjadi kalimat atau paragraf yang menggambarkan misi organisasi/perusahaan

4.       Mengedit kata-kata sampai terdengar benar atau sampai setiap orang kelelahan untuk adu argumentasi berkaitan dengan kata atau frase favorite mereka

Kemudian setelah misi yang dicanangkan merupakan sebuah misi yang bagus,maka misi tersebut harus

1.       Cukup luas untuk dapat diterapkan selama beberapa tahun sejak saat ditetapkan

2.       Cukup spesifik untuk mengomunikasikan arah

3.       Fokus pada kompetensi atau kemampuan yang dimiliki organisasi/perusahaan

4.       Bebas dari jargon dan kata – kata yang tidak bermakna

5.       Diawali dengan kata kerja

6.       Merupakan langkah – langkah kegiatan untuk mencapai visi

Kemudian untuk menjamin misi tersebut sudah baik, dapat diperiksa dengan menggunakan Checklist sebagai berikut :

1.       Dengan jelas membedakan antara organisasi/perusahaan anda dengan pesaing ? ya/tidak

2.       Mengidentifikasikan apa yang organisasi kerjakan dan lebih penting lagi, apa yang tidak dikerjakan? Ya/tidak

3.       Mengidentifikasi kemampuan dan kompetensi kunci ? ya/tidak

4.       Mendorong organisasi/perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih baik, yang menyangkut kesempatan di masa depan ? ya/tidak

5.       Mendefinisikan produk atau pelayanan tanpa menjadi terlalu sempit ? ya/tidak

6.       Tidak lebih panjang dari satu paragraf ? ya/tidak

7.       Dapat dengan jelas dimengerti  oleh karyawan ? ya/tidak

8.       Ditulis dalam kalimat yang baik dan benar tanpa menyertakan kalimat – kalimat kosong? Ya/tidak

9.       Fokus pada kondisi saat ini dan tidak tercampur/digabungkan dengan pernyataan visi untuk masa depan?ya/tidak

10.   Dikaji kembali dan ditulis ulang jika organisasi mengalami perubahan lingkup? Ya/tidak

11.   Spesifik untuk mempengaruhi perilaku individu dalam organisasi/ perusahaan ? ya/tidak

12.   Merefleksikan keunggulan nyata perusahaan serta berdasarkan pengakuan kekuatan dan kelemahan organisasi /perusahaan ? Ya/tidak

13.   Realistis dan dapat dicapai ? ya/tidak

14.   Cukup fleksibel sehingga dapat merespons perubahan lingkungan ? ya/tidak

15.   Mengacu pada keunggulan kompetitif ? ya/tidak

16.   Meliputi beberapa pernyataan yang logis dan nilai-nilai di balik pernyataan tersebut, untuk membangkitkan spirit dan memfasilitasi komunikasi di dalam maupun diluar organisasi/perusahaan

Comments

Popular posts from this blog

Konflik Saluran Distribusi

alasan diperlukannya analisis ekonomi pada proyek yang berskala besar bagi pemerintah dan pihak investor!

Saluran Dalam Distribusi