Segmentasi pasar merupakan
bagian penting dari perencanaan pemasaran. Segmentasi pasar sendiri adalah
proses mengkotak-kotakkan pasar yang heterogen ke dalam kelompok potensial
consumer yang memiliki kesamaan kebutuhan dan atau kesamaan karakter yang memiliki
respons yang sama dalam membelanjakan uangnya (Kasali, 2001).
Segmen pasar terdiri dari kelompok pelanggan yang
memiliki kebutuhan yang sama atau mirip. Segmen ini membentuk pasar yang
terpisah dan mempunyai ukuran yang cukup besar. Konsekuensinya, produk harus
dibuat untuk menarik bagi segmen tertentu yang mempunyai kebutuhan yang sama.
Ada beberapa kriteria yang
dapat digunakan untuk membuat segementasi pasar yang berhasil, yaitu:
1. segmen harus mempunyai
ukuran yang cukup besar agar perusahaan masih tetap dapat menikmati keuntungan
dari usaha ekstra yang dilakukan;
2. anggota setiap segmen harus memiliki kesamaan
dalam persyaratan/ preferensi produk dan memiliki perbedaan yang jelas dengan
segmen yang lain;
3. kriteria untuk setiap segmen harus relevan
dengan situasi pembelian;
4. segmen harus dapat dijangkau.
Dengan bisa menentukan segmentasi pasar maka
perusahaan mampu memusatkan usahanya pada kesempatan yang paling menguntungkan.
Kesempatan tersebut akan menghasilkan suatu keuntungan khusus atau keuntungan
diferensial. Keuntungan diferensial perlu ditekankan agar perusahaan mampu
memberi alasan secara lebih baik kepada pelanggan untuk membeli produknya. Jika
produk yang dijual memiliki kelebihan yang tidak dimiliki produk kompetitor
maka perusahaan bisa menerapkan harga yang lebih tinggi sehingga bisa
mendapatkan keuntungan yang lebih besar tanpa takut tersaingi oleh kompetitor.
Segmentasi pasar merupakan
hal yang penting dalam perencanaan pemasaran karena Tidak semua kompetisi hanya
mengandalkan faktor harga, karena pasti akan ada di tempat lain yang menjual
dengan harga yang lebih murah jika memang produk tersebut dijual dengan harga
tersebut. Sehingga perusahaan harus mencari cara untuk membedakan produk mereka
dengan produk pesaing dan jawabannya ada pada segmentasi pasar.
Tujuan utama dari
segmentasi pasar adalah memampukan perusahaan memusatkan usahanya pada
kesempatan-kesempatan yang paling menguntungkan, sehingga kesempatan perusahaan
A tidak akan sama dengan kesempatan pada perusahaan B. Perusahaan harus mampu
mendefinisikan pasar cukup luas sehingga dapat memastikan bahwa biaya untuk
melakukan aktivitas utama masih tetap produktif atau mendefinisikan pasar
sedemikian sehingga perusahaan mengembangkan keahlian khusus untuk mengatasi
harga yang tidak kompetitif dan kedua hal tersebut dihubungkan dengan
kompetensi khusus yang dimiliki perusahaan dan kompetitornya.
Contoh penerapan segmentasi pasar pada suatu
produk
Apple adalah sebuah perusahaan multinasional
amerika yang bergerak di bidang multimedia, teknologi dan komunikasi. Berdiri
sejak 1 April 1976 oleh Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne.
Produk-produknya antara lain Macintosh, Mac OS, iPod,iPhone dan iPad. Apple juga
memiliki produk afiliasi software seperti OS X, iOS, iTunes, Safari, iLive dan
iWork.
Comments
Post a Comment