Segmentasi Pasar

    Segmentasi pasar merupakan bagian penting dari perencanaan pemasaran. Segmentasi pasar sendiri adalah proses mengkotak-kotakkan pasar yang heterogen ke dalam kelompok potensial consumer yang memiliki kesamaan kebutuhan dan atau kesamaan karakter yang memiliki respons yang sama dalam membelanjakan uangnya (Kasali, 2001).

Segmen pasar terdiri dari kelompok pelanggan yang memiliki kebutuhan yang sama atau mirip. Segmen ini membentuk pasar yang terpisah dan mempunyai ukuran yang cukup besar. Konsekuensinya, produk harus dibuat untuk menarik bagi segmen tertentu yang mempunyai kebutuhan yang sama.

    Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk membuat segementasi pasar yang berhasil, yaitu:

1. segmen harus mempunyai ukuran yang cukup besar agar perusahaan masih tetap dapat menikmati keuntungan dari usaha ekstra yang dilakukan;
2. anggota setiap segmen harus memiliki kesamaan dalam persyaratan/ preferensi produk dan memiliki perbedaan yang jelas dengan segmen yang lain;
3. kriteria untuk setiap segmen harus relevan dengan situasi pembelian;
4. segmen harus dapat dijangkau.
Dengan bisa menentukan segmentasi pasar maka perusahaan mampu memusatkan usahanya pada kesempatan yang paling menguntungkan. Kesempatan tersebut akan menghasilkan suatu keuntungan khusus atau keuntungan diferensial. Keuntungan diferensial perlu ditekankan agar perusahaan mampu memberi alasan secara lebih baik kepada pelanggan untuk membeli produknya. Jika produk yang dijual memiliki kelebihan yang tidak dimiliki produk kompetitor maka perusahaan bisa menerapkan harga yang lebih tinggi sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar tanpa takut tersaingi oleh kompetitor.

   Segmentasi pasar merupakan hal yang penting dalam perencanaan pemasaran karena Tidak semua kompetisi hanya mengandalkan faktor harga, karena pasti akan ada di tempat lain yang menjual dengan harga yang lebih murah jika memang produk tersebut dijual dengan harga tersebut. Sehingga perusahaan harus mencari cara untuk membedakan produk mereka dengan produk pesaing dan jawabannya ada pada segmentasi pasar. 

    Tujuan utama dari segmentasi pasar adalah memampukan perusahaan memusatkan usahanya pada kesempatan-kesempatan yang paling menguntungkan, sehingga kesempatan perusahaan A tidak akan sama dengan kesempatan pada perusahaan B. Perusahaan harus mampu mendefinisikan pasar cukup luas sehingga dapat memastikan bahwa biaya untuk melakukan aktivitas utama masih tetap produktif atau mendefinisikan pasar sedemikian sehingga perusahaan mengembangkan keahlian khusus untuk mengatasi harga yang tidak kompetitif dan kedua hal tersebut dihubungkan dengan kompetensi khusus yang dimiliki perusahaan dan kompetitornya.

    Contoh penerapan segmentasi pasar pada suatu produk
Apple adalah sebuah perusahaan multinasional amerika yang bergerak di bidang multimedia, teknologi dan komunikasi. Berdiri sejak 1 April 1976 oleh Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne. Produk-produknya antara lain Macintosh, Mac OS, iPod,iPhone dan iPad. Apple juga memiliki produk afiliasi software seperti OS X, iOS, iTunes, Safari, iLive dan iWork.



Comments

Popular posts from this blog

Konflik Saluran Distribusi

alasan diperlukannya analisis ekonomi pada proyek yang berskala besar bagi pemerintah dan pihak investor!

Saluran Dalam Distribusi